Devindo
|
Apotek
|
Online 1.5
|
Development.indonesia
|
Legal Notices
Copyright © 2017 Devindo, All Right reserved.
Software dan rilis dokumentasi terlindungai oleh hak cipta intelektual,
penggunaan dan pengembangan sesuai dengan aturan yang berlaku, penyalahgunaan
hak cipta dan penggunaan yang tidak sesuai dengan petunjuk yang diberikan
diluar tanggung jawab pengembang dan pemilik hak cipta.
Peraturan penggunaan hakc cipta dilindungi sesuai dengan perundang undangan
yang berlaku yang dikeluarkan oleh dinas perlindungan hak dan kekayaan
intelektual republik indonesia.
Pengembangan software dan manual book merupakan hak yang dimiliki
sepenuhnya oleh tim pengembang dan Devindo.
Tim pengembang menjamin bahwa pembuatan program dan buku panduan adalah
benar benar merupakan karya asli dari tim pengembang, tidak meniru atau
menjiplak karya dari pihak lain. Dikemudian hari apabila ditemukan kekurangan
atau ketidak sempurnaan, tim pengembang memiliki hak dan kewenangan untuk
mengembangkan.
Tim Pengembang
Devindo
User Guide
Buku panduan ini dibuat
guna memudahkan user dalam menggunakan applikasi yang telah dibuat didalamnya
berisi tatacara penggunaan applikasi, mulai dari memasukkan data hingga pada
tahap proses atau transaksi, dan menghasilkan sebuah laporan.
Didalam buku panduan ini
juga terdapat tips-tips yang dapat digunakan oleh user agar dapat menggunakan
applikasi dengan lebih cepat, atau lebih mudah dalam mengisi,
memproses data dan melihat laporan sehingga dapat memonitoring project yang
sedang berjalan.
Pada buku panduan ini tim
pengembang juga memberikan troble shoting apabila user menemui sebuah kendala,
serta memberikan kontak yang dapat dihubungi apabila user menghendaki untuk
berinteraksi dengan pengembang dari applikasi.
Diharapkan dengan buku
panduan user akan mampu memhami dengan baik serta dapat menerapkan dengan
sempurna dari applikasi Apotik untuk menjalankan bisnis dan usaha dibidang
pelayanan obat untuk menunjang kesehatan masyarakat..
Team
Tim disini adalah tim pengembang sekaligus penanggung jawab dari applikasi apotik.
Tim pengembang ini dibentuk guna mempermudah koordinasi serta pembagian tugas
yang dibebankan sehingga akan lebih mudah dalam mencapai apa yang direncanakan, serta
memberikan pelayanan yang baik pada pengguna applikasi Apotik.
Berikut adalah daftar
dari tim pengembang applikasi Apotik pada Apotik For You.
Title
|
Description
|
Project Manager
| : Misbahchudin |
Analys
|
: Arik Sofan Tohir
|
Programmer
|
: Misbahchudin
|
Development
|
: Devindo
|
Untuk dapat berinteraksi
dengan tim pengembang anda dapat menghubungi project manager dengan kontak
person sebagai berikut:
Title
|
Description
|
No Telp
|
: +6285 790 217 448
|
Email
|
: development.indonesia@gmail.com
|
Preface
Berikut
adalah informasi dari Software Apotek yang dikerjakan oleh Team
pengembang Ddvindo.
Pada
user guide ini terdapat informasi yang anda butuhkan untuk menjalankan aplikasi
dari Software Apotek meliputi:
• Overview and reference information
• How to navigate through Software Apotek Applications Windows
• How to submit Softwaew Apotek
Applications programs, reports, and listings
Semoga
dengan membaca informasi yang ada pada user guide ini dapat membantu anda dalam
menjalankan Aplikasi Apotek Application.
Description
Software Apotek ini
dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan sistem yang terintegerasi yang mudah
dan tidak berbelit belit terutama dalam penanganan pada accounting procedure. Untuk
layanan yang berada pada aplikasi ini adalah sebagaiberikut:
1.
Master data
2.
Transaction
3.
Report
4.
Options
5.
Help
Untuk dapat menjalankan
sistem ini dengan baik maka dibutuhkan panduan dan
training yang dapat dilakukan dengan
membaca manual book dari aplikasi ini.
Login
Adalah halaman yang
menyediakan fasilitas login pada user, halaman login ini adalah antarmuka
pertama yang akan digunakan user untuk mengakses applikasi.
Untuk dapat login Applikasi terlebih dahulu user harus mendaftarkannya pada applikasi bagian Setting user, untuk login standart atau user bawaan applikasi ini developer memberikan user standart sebagai berikut
User : admin
Password : admin
User standart ini juga dapat dihapus atau dimodifikasi apabila pengguna
telah membuat user terbaru miliknya, agar applikasi tidak disalah gunakan
apabila ada pengguna lain yang mengetahui user bawaan dari applikasi. akan
tetapi user juga dapat membiarkan user bawaan applikasi ada bila mana lupa
dengan user yang telah dibuat dan ingin membuat user baru lagi. Namun user
Admin ini tidak direkomendasikan sebagai user untuk menjalankan applikasi.
Main Menu
Adalah menu
utama dari aplikasi Aplikasi Apotek dimana menu utama ini akan menjadi tumpuan
atau induk dari berbagai menu, yang menjembatani antara data yang terintegrasi
dan pengguna aplikasi. Pada menu utama terdari dari 4 bagian penting didalamnya
yang perlu diketahui. Bagian bagian tersebut dapat kita lihat pada gambar
dibawah ini:
1. Main MenuEmpat bagian penting pada menu utama dapat kita lihat seperti urutannya sebagai berikut:
Adalah bagian yang
menampung semua menu dari aplikasi meliputi Management Aplikasi, Master data,
Transaction dan Laporan yang ada didalamnya.
2.
Navigation Bar / Quick Acces
Adalah menu yang disedikan
untuk akses cepat, menuju laporan atau menu menu penting lainnya, seperti
mengganti user.
3.
Tree View Menu
Menu yang berada disebelah
kiri memberikan informasi lengkap mengenai susunan atau level menu yang
memiliki kelengkapan sama dengan mein menu.
4.
Status Bar
Adalah informasi atau status
yang bersifat dinamis dari aplikasi akan berubah isinya sesuai dengan kondisi
aplikasi digunakan.
Options
Adalah menu yang digunakan untuk mengatur
Aplikasi Apotek pada menu ini kita dapat melihat ada list menu pada Tree View Menu didalamnya
terdapat:
1.
User
Adalah Form yang mengatur pengelolaan user aplikasi.
2.
General
Setting
Menu ini
akan memberikan informasi kepada kita terkait aplikasi yakni informasi Apotek,
jalan, termasuk juga pada pengaturan header dari Nota transaksi.
3.
User Menu
Menu ini
disediakan untuk mengatur hak akses user. Disini kita dapat mengatur pemberian menu pada
setiap user, hal ini memberikan hasil setiap user dapat memiliki menu yang
sangat berbeda sesuai dengan tugasnya.
User
Form User berfungsi untuk mendaftarkan user baru, untuk dapat membuka
fasilitas ini terlebih dahulu pendaftar harus login aplikasi, dengan begitu
user yang dapat mendaftarkan user baru haruslah user yang memiliki akses pada
menu ini. Anda dapat menggunkan user standart bawaan aplikasi dengan user Admin
dan password Admin. Berikut adalah tampilan dari data user:
Untuk informasi yang harus diisikan, anda dapat mengisi semua isian, semakin lengkap semakin baik.
Untuk informasi yang harus diisikan, anda dapat mengisi semua isian, semakin lengkap semakin baik.
General Setting
Adalah form yang
digunakan untuk konfigurasi aplikasi dan data Toko serta akan menjadi header
dari Nota transaksi. Fasilitas apa saja yang terdapat pada menu ini dapat kita
lihat pada gambar berikut:
Kita akan kupas fasilitas penting apa saja yang ada digambar sesuai dengan urutan noimor pada gambar sebagai berikut:
Kita akan kupas fasilitas penting apa saja yang ada digambar sesuai dengan urutan noimor pada gambar sebagai berikut:
1.
Simpan à Tombol Save Setting Aplikasi
2.
Online
Aplication à setting atau Konfigurasi dari aplikasi apakah Online atau Offline
3.
Entri Data à informasi data Apotek sekaligus akan menjadi header Nota.
4.
Picture à adalah konfigurasi Background / latar belakang aplikasi dan logo dari
Aplikasi
User Menu
Adalah Form yang
digunakan untuk membagi hak akses user terhadap aplikasi, untuk melakukannya kita
dapat mengikuti langkah langkah seperti pada gambar
dibawah ini:
Rincian langkah langkahnya adalah sebagai
berikut:
1.
Pilih user yang telah
didaftarkan sebelumnya pada menu User
2.
Jika
sebelumnya user telah memiliki hak akses maka pada option menu pada treeview
akan terdapat tanda centang, anda dapat mengurangi atau menambah sesuai dengan
fasilitas akses yang ingin diberikan pada user yang telah dipilih.
3.
Selanjutnya
tekan tombol simpan untuk menyimpan hak akses dari user.
Master Data
Bagian master data
memiliki banyak form didalamnya form form ini akan terkait dengan transaksi
hingga laporan, masterdata akan memudahkan kita dalam melakukan proses
transaksi hingga laporan karena data yang sama tidak perlu dimasukkan berkali
kali, cukup dimasukkan sekali. Dengan ketersediaan
master data yang sama untuk berbagai
kebutuhan memberikan kita kemudahan dalam memanagement data serta memberikan
hasil yang seragam karena semua data acuan diambil dari satu tempat.
PBF
Adalah menu yang menampung semua data PBF, PBF sendiri adalah kepanjangan dari Pedagang
Besar Farmasi, pada group menu ini tersimpan dasar dari data PBF.
PBF group
Adalah form yang mengatur
group dari Pedagang Besar Farmasi. Unutk pengelompokkannya sendiri dapat
dikelompokkan sesuai dengan keinginan dari Apotek yang menggunakan aplikasi
Apotek ini. Namun untuk saran dari pengembang Group dapat diisi: Modern, Tradisional
PBF category
Adalah form yang mengatur
category dari Pedagang Besar Farmasi. Unutk pengelompokkannya sendiri dapat
dikelompokkan sesuai dengan keinginan dari Apotek yang menggunakan aplikasi
Apotek ini. Namun untuk saran dari pengembang category dapat diisi: Pabrik, Home Industri
PBF type
Adalah form yang mengatur
category dari Pedagang Besar Farmasi. Unutk pengelompokkannya sendiri dapat dikelompokkan
sesuai dengan keinginan dari Apotek yang menggunakan aplikasi Apotek ini. Namun
untuk saran dari pengembang category dapat diisi: Obat Keras, Obat Resep Dokter, Ramuan herbal, Memproduksi Semua Tipe
Obat.
Akun
Adalah menu yang menampung semua data Account dalam Akuntansi, pengelompokkan pada Akun
ini bertujuan untuk mengetahui kemanakah pemetaan dari keuangan. Akun ini
memberikan kemudahan pada kita dalam melihat lalulintas keuangan yang terkait
secara otomatis pada debet dan kredit.
Akun group
Adalah form yang mengatur
group dari Akun. Unutk pengelompokkannya sendiri dapat dikelompokkan sesuai
dengan keinginan dari Apotek yang menggunakan aplikasi Apotek ini. Namun untuk
saran dari pengembang Group dapat diisi: Kewajiban,
Pendapatan, Pengeluaran Operasional, Harta, Ekuitas, Biaya Pendapatan,
Pendapatan Lain, dan Pengeluaran
Lain
Akun category
Adalah form yang mengatur
category dari Akun. Unutk pengelompokkannya sendiri dapat dikelompokkan sesuai
dengan keinginan dari Apotek yang menggunakan aplikasi Apotek ini. Namun untuk
saran dari pengembang category dapat diisi: Kas, Gaji, dan Beban.
Akun type
Adalah form yang mengatur
category dari Akun. Unutk pengelompokkannya sendiri dapat dikelompokkan sesuai
dengan keinginan dari Apotek yang menggunakan aplikasi Apotek ini. Namun untuk
saran dari pengembang category dapat diisi: Kas Bank, Kas Ditangan, Gaji Pegawai, dan Beban Operasional.
Management Obat
Adalah form yang
digunakan untuk mengelola data obat, pada Form ini anda dapat mengelompokkan
dan mendata semua obat serta barang barang yang lain yang anda jual. Menu ubat disini
juga memiliki group, category dan type, cara pengelolaan dan penggunaannya pun
sama yang menjadi tambahan adalah menu obat memiliki tambahan pada satuan.
Karena fasilitas satuan ditambahkan agar obat memiliki pengelompokkan atau
pengelolaan lebih detil.
Satuan
Adalah fasilitas yang
digunakan untuk membuat data master terkait dengan satuan obat, sehingga dengan
adanya fasilitas ini kita dapat mengelompokkan obat berdasarkan dengan
satuannya. Berikut adalah gambar dari Form satuan
Obat
Adalah form yang
digunakan untuk mengelola data obat, dan barang barang lain yang mungkin dijual
pada apotek. Menu obat dibuat dengan semudah mungkin agar pengguna aplikasi
tidak terlalu dipusingkan dengan data apa saja yang akan dimasukkan. isian apa
saja yang disediakan pada aplikasi apotek dapat kita lihat pada gambar berikut:
Sedangkan untuk tampilan hasil dari data yang diisikan dapat kita lihat dengan menekan tombol Lihat Data maka akan tampak seperti pada gambar berikut:
Sedangkan untuk tampilan hasil dari data yang diisikan dapat kita lihat dengan menekan tombol Lihat Data maka akan tampak seperti pada gambar berikut:
Pada gambar tampilan data diatas kita dapat melihat jumlah barang / Obat berdasarkan dari pengelompokan Grouop_obat tertera untuk kelompok obat dengan group Botol terdapat 68 item. Selain dapat melihat jumlah pengelompokkannya kita juga dapat melihat jumlah totalnya yang tertra dengan angka 371 item
Transaction
Adalah menu yang mengelola semua transaksi pada Apotek, namun pada
versi ini menu yang ada pada aplikasi apotek adalah menu yang telah disesuaikan
dengan kebutuhan apotek dimana aplikasi ini terpasang. Menu transaksi adalah
menu yang mengelola data transaksi mulai dari penyetokan barang awal, Pembelian Obat, Setting pengeluaran
Apotek, input pengeluaran hingga pada
penjualan barang Seperti sistem Point of Sale atau yang lebih akrab dengan nama
sistem ritel.
Stock Awal Obat
Pada dasarnya obat
ataupun barang lain yang dijual pada apotek telah terlebih dahulu didaftarkan
pada Menu Data Master, namun kita
belum memberikan informasi mengenai jumlah dari barang atau obat tersebut.
Pada Stock awal obat kita
akan menambahkan Stock obat, stock akan diberikan nilai 0 (nol) apabila kita
memiliki struck pembelian yang nantinya akan kita masukkan stocknya dati
transaksi Pembelian Obat. Akan tetapi jika kita tidak memiliki
nota pembelian dengan sebab transaksi tersebut telah terjadi sangat lama saat
sistem atau program kami belum ada anda dapat mengisikannya dengan memasukkan
jumlah stock yang tersedia di Apotek.
Menu ini adalah menu pendaftaran
awal stock dimana untuk selanjutnya untuk menambahkan stock dapat dilakukan
pada Transaction à
Pembelian Obat. Berikut adalah
form yang digunakan untuk menambahkan stock awal Obat beserta dengan harganya:
Sedangkan untuk hasil dari data yang diiskan dapat kita lihat seperti pada gambar berikut:
Pada gambar diatas kita dapat melihat bagaimana daftar obat obat memiliki stock dan juga detil dari harga, serta masa kada luarsa dari obat tersebut.
Sedangkan untuk hasil dari data yang diiskan dapat kita lihat seperti pada gambar berikut:
Pada gambar diatas kita dapat melihat bagaimana daftar obat obat memiliki stock dan juga detil dari harga, serta masa kada luarsa dari obat tersebut.
Pembelian Obat
Pembelian obat adalah
menu transaksi yang digunakan untuk melakukan proses pencatatan pembelian obat
dan penambahan stock berdasarkan pada struk yang didapat dari transaksi
pembelian ke Suplier Apotek, atau yang lebih dikenal dengan nama PBF (Pedagang
Besar Farmasi). Untuk lebih jelasnya apa saja isian dari menu ini anda dapat
melihatnya pada gambar berikut:
Proses transaksi pencatatannya cukup gampang anda dapat membaca petunjuk pada kolom pengisian. Untuk hasilnya sendiri anda dapat menekan tombol lihat data sehingga akan nampak seperti gambar berikut:
Dari hasil transaksi ini juga akan secara otomatis menambahkan stock dari Obat yang dibeli. Sehingga kita akan lebih mudah dalam melakukan proses penambahan stock dan transaksi pembelian secara bersamaan.
Proses transaksi pencatatannya cukup gampang anda dapat membaca petunjuk pada kolom pengisian. Untuk hasilnya sendiri anda dapat menekan tombol lihat data sehingga akan nampak seperti gambar berikut:
Dari hasil transaksi ini juga akan secara otomatis menambahkan stock dari Obat yang dibeli. Sehingga kita akan lebih mudah dalam melakukan proses penambahan stock dan transaksi pembelian secara bersamaan.
Pengeluaran
Seperti pada kebanyakan
bidang usaha pasti memiliki pengeluaran, baik itu pengeluaran terduga maupun
tidak terduga, untuk pengeluaran sendiri pengembang telah menyediakan setting
posting dari pengeluaran tersebut yang nantinya akan langsung secara otomatis
masuk pada sistem Accounting pada Software Apotek.
Setting
Pengeluaran
Proses pengeluaran adalah
terlebih dahulu memasukkan Jenis pengeluaran, kemudian diteruskan dengan
menentukan akan melakukan Kredit pada akun apa dan melakukan proses Debet ke
Akun yang mana. Sedangkan Akun sendiri dapat kita atur pada menu Master Data. Untuk contoh agar anda
lebih paham disini simak dari ilustrasi yang diberikut:
1.
Buat akun
pada Master Data
a.
Buat akun
degnan nama Pembayaran Listrik
2.
Lanjutkan
dengan memilih menu Transaction à
Pengeluaran à Setting Pegneluaran
a.
Nama : Pembelian Token Listrik
b.
Rek. Debet : Tekan Enter Kemudian pilih KAS (artinya kita ambil unag KAS)
c.
Rek. Kredit : Tekan Enter Pembayaran Listrik (artinya kita gunakan uangkas untuk membayar
pembelian Listrik).
d.
Keterangan : Diisi bila diperlukan (Keterangan boleh
dikosongkan)
3.
Simpan
Untuk lebih jelasnya anda
dapat menyimak gambar berikut:
Sedangkan untuk hasilnya kita dapat melihatnya dengan menekan tombol Lihat Data.
Pada langkah ini kita telah berhasil membuat configurasi untuk mengatur proses keuangan tersebut du posting. Jadi nanti saat ada transaksi pengeluaran dengan untuk membeli token listrik kita akan mengambil / menguarangi uang KAS (Debet), dan menambah anggaran pengeluaran yang tercatat pada akun pengeluaran dengan nama Pembayaran Listrik (Kredit).
Sedangkan untuk hasilnya kita dapat melihatnya dengan menekan tombol Lihat Data.
Pada langkah ini kita telah berhasil membuat configurasi untuk mengatur proses keuangan tersebut du posting. Jadi nanti saat ada transaksi pengeluaran dengan untuk membeli token listrik kita akan mengambil / menguarangi uang KAS (Debet), dan menambah anggaran pengeluaran yang tercatat pada akun pengeluaran dengan nama Pembayaran Listrik (Kredit).
Input
Pengeluaran
Input pengeluaran adah
form yang digunakan untuk melakukan transaksi pengeluaran, penggunaan form ini
untuk kebutuhan pengeluaran uang, sangatlah mudah karena sebelum melakukan
transaksi pengeluaran kita telah belajar membuat Setting Pengeluaran. Hasil dari setting tersebut akan kita gunakan
untuk melakukan proses pemotongan dana dari akun (Debet) dan penambahan Total
pengeluaran dari Akun (Kredit). Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat contoh
pengeluaran sebagai berikut:
Penjualan
Penjualan adalah salah
satu form atau menu yang sering digunakan, sebab pada form inilah proses
transaksi pengurangan stock Obat / barang yang dijual berkurang. Untuk dapat
menggunakan menu ini anda dapat melakukan prosesnya sebagai berikut Transaction à Penjualan, untuk dapat
melakukan penjualan dengan lebih mudah anda dapat mengikuti langkah langkah
sebagai berikut:
Pada proses pertama kita telah berhasil menambahkan Semua barang dan mengetahui jumlah yang harus dibayar oleh customer, selanjunya untuk menuju Proses pembayaran kita lanjutkan dengan menekan Tombol F9, sehingga kita ankan mendapatkan tampilan seperi gambar berikut:
Pada proses pertama kita telah berhasil menambahkan Semua barang dan mengetahui jumlah yang harus dibayar oleh customer, selanjunya untuk menuju Proses pembayaran kita lanjutkan dengan menekan Tombol F9, sehingga kita ankan mendapatkan tampilan seperi gambar berikut:
Saat ditekan Enter Kita
akan melihat transaksi berhasil dilakukan dan Program akan memberikan Informasi
pesan seperti pada gambar berikut dan dilanjutkan dengan mencetak Nota.
Report
Laporan adalah salah satu
bagian terpenting dari aplikasi dan merupakan hasil akhir dari aplikasi, proses
yang mudah baik, dan sesuai dengan sistem yang berjalan, akan menghasilkan
laporan yang benar atau semestinya. Sedangkan laporan yang baik adalah laporan
yang dapat dibaca atau dimengerti dengan mudah dan memiliki informasi yang
cukup.
Informasi yang cukup
adalah informasi tertata sebagaimana mestinya, terdapat informasi summary yang mudah untuk dibaca, dan
disertai dengen detailnya.
Laporan
Penjualan
Adalah form yang
memberikan informasi terkait dengan data penjualan, pada form ini kita dapat
memilih laporan penjualan berdasarkan periodik yang kita inginkan. Sehingga
pada form ini kita dapat melihat laporan berdasarkan harian, mingguan, bulanan
bahkan tahunan. Untuk dapat melihat laporan penjualan pada form ini pastikan
terlebih dahulu memang ada transaksi yang dilakukan pada rentang waktu
tersebut. Berikut adalah form dari Laporan Penjualan:
Laporan
Pembelian
Adalah form laporan yang
memberikan informasi mengenai pembelian Obat atau barang yang dijual di apotek.
Pada form laporan ini format laporan dapat dimulai dari kurun waktu tertentu
hingga waktu yang di kehendaki. Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat contoh
laporannya sebagai berikut:
Laporan Jurnal
Adalah laporan akhir dari aplikasi, pada laporan
jurnal ini kita dapat melihat rincian dari keuangan setiap akun dengan cara
klik Refresh Data à klik kiri 2x pada Data Akun à Akan menghasilkan laporan keuangan berdasarkan
dengan akun yang dipilih. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar
berikut:
Sedangkan untuk laporan pada berkas anda dapat menekan tombol Cetak, pada laporan jurnal ini kita akan mendapat kan laporan terbagi menjadi 2 kelompok yakni laporan keuangan secara Summary (Global keuangan berdasarkan akun yang digunakan), dan laporan keuangan secara detail. Berikut adalah contoh laporan keuangan Summary:
Sedangkan untuk laporan pada berkas anda dapat menekan tombol Cetak, pada laporan jurnal ini kita akan mendapat kan laporan terbagi menjadi 2 kelompok yakni laporan keuangan secara Summary (Global keuangan berdasarkan akun yang digunakan), dan laporan keuangan secara detail. Berikut adalah contoh laporan keuangan Summary:
Sedangkan untuk detail kita akan memiliki
berlembar lembar tergantung seberapa banyak transaksi yang sudah dikerjakan.
Untuk lebih jelasnya laporan detail dapat kita lihat pada gambar berikut:
Untuk lebih jelasnya saya telah mengambil bagian
akhir dari laporan sebagai evaluasi, berikut adalah gambar footer dari laporan
jurnal:
Barcode
Adalah fasilitas yang disediakan untuk membuat
Barcode sendiri, pada fasilitas ini kita akan mendapat barcode sebanya 4 baris
dan 10 kolom. Jika anda menginginkan lebih saat mencetaknya anda dapat menggandakannya
atau menambah jumlah copy. Langkah
langkah untuk membuat barcode sendiri adalah dengan menekan menu Report à Barcode. Menu untuk mencetak Jumlah
Copy dari Report Barcode adalah sebagai berikut:
Help
Adalah fasilitas bantuan untuk aplikasi, dimana
pada menu bantuan ini user akan mendapat informasi tentang pengembang, update
terbaru aplikasi, dan dokumentasi yang dapat digunakan untuk menggunakan
aplikasi.
About
Adalah informasi yang berkaitan dengan pengembang,
namun pada versi ini pengembang belum memberikan informasi berupa logo
perusahaan dari pengembang software dan Versi dari Software Apotek. Namun
kedepan dengan seiring perkembangan aplikasi pengembang akan terus
melengkapinya.
Update
Adalah fasilitas yang disediakan untuk mengecek
secara manual untuk mengetahui apakah ada update terbaru dari aplikasi, berikut
adalah contoh dari update:
Documentation
Adalah manual book dari aplikasi, pada bagian
update kita dapat melihat bagaimana dokumentasi ini tersusun dan anda dapat
mencari tahu setiap detail dan fungsi dari aplikasi pada Documentasi ini.
General Index
A
All
Asset
Analys
|
J
Jenis
Jawab
Jangan
|
S
Selection
Sebagai
|
B
Barang
Buku
Bentuk
|
K
Kabupaten
Kartu Inventaris Barang
Kepemilikan
|
T
Team
Title
Tanah
|
C
Convenrtion
Cepat
Code
|
L
Login
Lokasi
Lembaga
|
U
User
Uniq
Untuk
|
D
Daftar Barang
Dalam
Dapat
|
M
Merk
Mudah
Melihat
|
V
View
Version
|
E
Edition
|
N
Notices
|
W
Windows
|
F
Find
Form
|
O
Operation
|
X
|
G
Group
|
P
Provinsi
Password
|
Y
Yang
|
H
Header
Hidup
|
Q
Query
Quit
|
Z
|
I
Index
Ijin
|
R
Relation
Realtime
|
0 komentar:
Posting Komentar